i've known the answer ;)

By Padd - Monday, April 09, 2012

saya sudah tahu jawabannya, yeyy!!! :D

woy, woyy, woyy.. tahu tidak kalo sudah 2 minggu terakhir pertanyaan ini selalu bergelayut indah di kepalaku?? saya sangat penasaran dengan jawabannya! dan hampir semua penghuni 9c sudah saya tanya, tapi sayang mereka juga indak tahu jawabannya.

saya penasaran, tidak habis pikir dengan 'pernyataan' tersebut! 'kenapa bisa kayak begitu?? kok gak sama kayak di sini??' itulah secuil pertanyaan yang saya ingat dari seribu pertanyaan yang sempat menggelayuti pikiranku. saya hampir putus asa. 'kok gak ada yang tahu jawabannya yahh?? apa saya harus pergi ke sana dan menanyakannya langsung ke orangnya?? sekalian jalan jalan gituuu :p' itu juga salah satu pertanyaan yang 'baru' saya ingat.

Dan omigot!!! Saya lupa satu orang (gak tahu deh ini orang ape mesin :p) !! saya lupa tanya ke om Google!! Betapa kamseupay-nya diriku yaa ampyuun!! Di jaman modernisasi kayak gini kok bisa bisanya lupa ama yang namanya om google -_- *lebaynya kambuh*

Dan tededenggg… saya pun segera mencari pertanyaan ini di om google. Menuliskan kata :
‘sistem perhitungan umur di korea selatan’

Huaaahaaaaa….. ngakak baca pertanyaan saya?? Atau malah lemes bacanya, Karena kalian pikir ini pertanyaan menyangkut hidup dan mati saya???  Atau yang lebih parah, kalian nganggep saya lebay?? Eitsss.. saya nggak lebay loh!! :p sebagai seorang siswa yang haus akan informasi global *bahh!! Harat saja*, pertanyaan yang kalian anggep nggak penting ini sebenernya sangat penting buat saya.

Ini pertanyaan limited edition!! Pertanyaan ini sangat jarang tuk dilontarkan.  Dan bersyukurlah kalian para readers! Karena kalian telah mengunjungi blog yang tepat. Blog yang memposting info info yang mungkin tidak sedikitpun kalian pikirkan bahkan pertanyakan. *ba harat lagi -_-*

Nah.. daripada bosen denger curhatan saya nyerocos terus, mending langsung ke jawabannya aja.
Pertanyaannya itu ::
kenapa umur orang yang lahir dan tinggal di Korea lebih tua satu tahun daripada umur internasional?? Contohnya: saya lahir di tahun 1997, otomatis umur saya tahun ini (2012) akan menginjak 15 tahun, tapi di Korea umur saya akan menginjak 16 tahun. Kenapa bisa seperti itu?

Jawaban dari om google ::
Karena sistem perhitungan umur di Korea tidak mengikuti sistem internasional.  Kalau kita kan menghitung umur bayi nanti saat mereka telah 1 tahun dari kelahiran. Lain dengan Korea. Mereka mulai menghitung umur bayi saat masih di kandungan (9 bulan dan digenapkan menjadi 1 tahun). Jadi saat bayi itu lahir, umur bayi tersebut sudah satu tahun, dan kita masih 1 hari.
Jadi mereka lebih cepat satu tahun dari perhitungan umur internasional.

Akhirnya saya tahu jawabannya!! Yeyyy!!!
Oh iya, ada satu jawaban funny dari teman saya yang namanya Hanny. Kan saya nanya tentang pertanyaan ini ke dia, dan apa yang dia jawab??
‘ ohh.. itu mungkin karena perbedaan waktu. Mereka waktunya lebih cepat dari kita’
Opooo?? Perbedaan waktu?? mba Hannyku ku sayang, itu ndak mungkin lah mba. Masa iya Korea ama Indonesia beda waktunya ampe satu tahun?? xD
Bisa juga sih.. kalo Korea letaknya ada di planet lain… heheee xD

Dan sebenernya saya juga ada pertanyaan laen tentang Korea. Mengenai sistem pendidikan mereka. Dan saya sudah tahu jawabannya. Tapi, jangan bosen baca entry ini yaaa?? Ini kan juga temasuk informasi. Hehee ^^ *emang benar kan??*

Nah, sistem pendidikan di Korea Selatan itu gak jauh beda sama kita yang di Indonesia.  Mulai dari 6 tahun di tingkat sekolah dasar, 3 tahun di sekolah menegah pertama, 3 tahun di sekolah menengah atas, dan 4 tahun di perguruan tinggi.

Tapi bedanya, kalo di Indonesia kita memulai tahun ajaran baru di bulan Juli. Tapi kalo di Korsel mereka mulainya di bulan Maret. Dan waktu belajar mereka di Korsel juga nyiksa abiss. Mereka masuk sekolah dari jam 7 pagi- 10 malam. Gila kan tuh?? -_- pantes aja mereka menempati urutan ke 11 di Dunia dalam bidang Sains.  Tapi, banyak  juga siswa yang memilih untuk bunuh diri saat ujian tiba.

Kata om google juga mereka di sana lebih ke sistem menghafal dan tidak terlalu aktif dalam kelas, tapi banyak juga yang saat ujian mendapat nilai bagus walau tidak aktif dan bertanya. Lain dengan indonesia. Saat di sekolah siswanya pada aktif semua untuk bertanya, eh, ujung ujungnya saat ujian kagak ngerti mau jawab apa -_-

Pertanyaan 2 minggu terakhir akhirnya telah terjawab. Tunggu jawaban- jawaban dari pertanyaan – pertanyaan saya selanjutnya. hohohoo xD Keep reading. Annyeong J



  • Share:

You Might Also Like

0 comments