Si Asam Lambung yang Tidak Boleh Diremehkan (PART 1)

By Padd - Sunday, October 15, 2017




Akhirnyaaaaa saya punya waktu luang untuk menulis setelah tugas-tugas, presentasi dan turun lapang yang memang benar-benar tidak bisa ditinggal. Kalo untuk urusan tugas kelompok, saya lah yang paling tidak bisa santai karena selalu takut dibilang ga berkontribusi wkwkwk. yaahh, lagi-lagi hidup dalam bayang-bayang penilaian orang. Sebenarnya masih banyak tugas yang menumpuk sihh, tapi mungkin Allah tahu kalau saya benar-benar capek batin dan fisik sehingga here i am right now, bersantai pada hari Minggu tanpa tanggungan tugas karena anggota kelompok lain menyuruh badan ini istirahat full sehabis masuk IGD.

Jadi, ini kali kedua saya dilarikan ke IGD selama di perantauan. dengan kasus yang sama, penyakit anak kos, asam lambung naik. Kalo sakit dan ceck-up ke dokter sihh seriinggg sampe hapal dokter Irma-nya. Sakit kali ini pun benar-benar mendadak (dan kebetulan Jiong juga lagi ke Bandung), tidak pake basa-basi dulu. Saya bahkan berasa sehat walafiat sebelumnya. beraktivitas seperti biasa, pulang jam 4 sore dan beli teh racik. sampai kos langsung buka laptop dan lanjut ngerjain tugas wawancara buat turun lapang ke YPAC. Dan booom, dissinilah saya merasa pusing tujuh keliling, kirain mungkin karena anemia kambuh, jadilah cuma minum sangobion. karena pusingnya tidak kunjung hilang, saya bawa tidur sampe jam 6 sore. karena ga sanggup beli makan, alhasil nge-chat ka Cynthia buat gojekin makanan berhubung diriku yang gaptek ini tak punya aplikasinya dan ka Cynthia juga ga bisa bawa motor buat beli makan. 

Ka Cynthia yang pada dasarnya emang perhatian, langsung masuk ke kamar dan bilang kalo kayaknya saya masuk angin, makanya pusing. Beliau pun langsung buatin air gula, dan air gulanya buat saya muntah. muntah pertama, ka Cynthia ngasih sari roti buat ganjal perut karena gojeknya belum datang. muntah kedua, ternyata gojeknya ga bawa uang cukup, jadi dibatalin. karena melihat saya yang sudah lemas, ka Cnythia minta tolong ke ka Nadhrah untuk anterin beli makan pake motor. Saat itu kosan benar-benar rame liat-liatin di depan kamar, kirain lagi hamil kali yaakk. makanan datang, saya pun makan. dan muntah lagi untuk ketiga kalinya. kali ini, pengen benar-benar minta maaf ke ka Nadhrah yang bela-belain lihat muntahanku sambil mijit-mijitin leher. muntah kuning, dan ada darahnya. paniklah ka Nadhrah dan langsung nyuruh saya dan ka Cynthia buat ke IGD UMM naik grab.

Muntah keempat, muntah dengan bebas di depan Alfamart, diliat-liatin orang dan supir grabnya. muntah kelima, muntah di mobil, alhamdulillah supir grabnya juga punya magh kronis, jadi beliau sangat memaklumi kondisi ini. sesampainya di IGD, woww ga dapat tempat dan disuruh buat menunggu. mereka bahkan bilang kalau "mau tunggu yaa silahkan, tapi kita ga tahu dapat giliran jam berapa. kalau mau ke rumah sakit lain juga silahkan". karena jalanan macet parah dan semua taksi nolak buat nganterin ke rumah sakit Unisma, jadilah kita menunggu. saya saat itu benar-benar kesal sekali dengan pihak rumah sakit, maksudnya yaa kalau ga ada tempat, setidaknya mereka ngasih liat rasa empati mereka, ngambilin kursi roda karena kita ga tahu kursi rodanya ada dimana. nah ini, mereka cuma katawa-ketiwi dan nyuruh ka Cynthia buat ambil kursi roda sendiri, sedangkan mereka ada banyak kepala disitu, dan lagi nganggur. long story short, setelah menunggu lama saya pun dapat kasur di IGD dan diperiksa oleh dokter yang sumpahhh cuek bebek, yang cuma bilang oohh iya ini asam lambungnya naik, saya kasih obat saja. sayaa jugaaa tahuuu dookkk, coba jelasin kenapa bisa ada darahnya, kenapa bisa saya pusing, atau apa keekkk, ughh!! 

Sebagian cerita diatas yaa isinya hanya curhatan yang kayaknya nilai moralnya cuma "jangan sampe magh kalo ga mau masuk IGD" wkwk. Dan juga bentuk kekecewaan saya pada rumah sakit yang sama sekali cuek bebek dengan pasien yang menunggu.  padahal mereka kerja di tempat orang-orang  yang memang butuh perhatian lebih. yang butuh rasa simpati walaupun memang belum bisa dilayani oleh dokter. tapi realita kan memang seperti ini eheee, bukan kayak drama Korea yang semua dokter dan susternya cekatan gilaaa. mungkin juga yaa karena mereka sudah bekerja pagi, siang, malam, jadi energinya terkuras semua. Untuk nilai moral yang lain mungkin akan saya ceritakan di entry selanjutnya (because i feel that it's gonna be way tooo looong) mueheheeheee. 


  • Share:

You Might Also Like

1 comments